BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Dalam usaha
mencerdaskan kehidupan bangsa, tugas guru sebagai pendidik tidaklah dapat
dikatakan ringan, sebab tidak hanya memberikan bekal pada anak didik berupa
ilmu pengetahuan semata, tetapi hal yang lebih penting adalah membentuk
keperibadian anak didik menjadi manusia yang berguna bagi dirinya, orang tua,
masyarakat, agama, bangsa dan Negara.
Pendidikan
merupakan proses pengembangan yang utuh menuju kearah kedewasaan dalam proses
berfikir dan bertindak. Oleh karena itu seorang calon pendidik sebelum
diterjunkan kedunia pendidikan hendaknya dibekali dengan berbagai ilmu
pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan profesi, dan kemampuan diri
agar dalam melaksanakan tugasnya dapat berhasil seperti yang diharapkan.
Secara
teoritis mahasiswa calon guru dibangku kuliah telah mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan, namun apa yang diperoleh
nampaknya belum cukup sebagai bekal bagi seorang pendidik yang profesional.
Untuk
melengkapi kekurangan tersebut, maka mahasiswa calon pendidik diwajibkan untuk
melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPl) disekolah-sekolah yang telah
ditetapkan.
Dengan
demikian diharapkan para mahasiswa calon guru setelah selesai praktek mempunyai
bekal yang cukup untuk memasuki dunia pendidikan sesuai dengan tujuan dan
sasaran yang ingin dicapai melalui
program PPL tersebut.
B. Pengertian PPL
Program Praktek Pengalaman
Lapangan PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh
mahasiswa yang mencakup baik latihan mengajar secara langsung atau terbimbing
dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi penddidikan.
Selengkapnya Download Di Sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon komentar dengan baik yang dapat membangun blog ini ! Jazakallah. .