Social Icons

Tradisi Bau Nyale..(Tradition of central lombok)



Bismillahirrahmanirrohim..      Assalamu’alaikum..

Welcome to Habituality of Human central Lombok..

Lombok tengah merupakan salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat (NTB). Bila kita ingin menjelajahi  adat Lombok maka di sanalah tempat yang paling pas dengan semua adat istiadat Lombok. Seperti halnya Bau Nyale atau kalau di bahasa indonesiakan biasa disebut dengan berburu putri mandalika, kata kakek saya sih dulu sejarahnya kenapa bisa ada Tradisi BauNyale karena putri mandalika yang kononnya diperebutkan oleh para putra kerajaan. Kebayang ya gan gimana cantiknya putri mandalika,,

Dengan kecantikan dan keanggunan sang putri, para putra kerajaan pun berniat untuk meminang sang putri mandalika, tidak bisa dipungkiri lagi akan keelokan wajah sang putri. Tek..Tok..Tuk...suara sepatu para putra raja menemui sang putri, tak lama kemudian akhirnya sampai lah mereka di tempat kediaman sang putri. Mereka berbincang panjang lebar di kerajaan, namun dengan hati yang dag dig dug para raja pun mengutarakan tujuan mereka datang yaitu untuk meminang sang putri mandalika, Setelah putri mandalika dipinang oleh tiga orang putra kerajaan si putri bingung bakalan pilih siapa yang akan menjadi pendamping hidupnya, singkat cerita si putri pun kabur dari kerajaan dikarenakan kebimbangan hatinya untuk memilih para putra kerajaan tersebut.

Di dalam hati sang putri  berkata : Jikalau aku hanya akan membuat perpecahan antar kerajaan lebih baik aku menenggelamkan diri kedalam laut Seger (Nama sebuah pantai di Lombok tengah yang biasa digunakan sebagai tempat perayaan Bau Nyale), agar kalian semua bisa mengenangku sampai kapanpun dan tidak ada yang aku kecewakan di antara kalian wahai putra-putra kerajaan..tak lama kemudian putra-putra raja pun datang dengan baju kebesaran mereka masing-masing, dengan gagahnya mereka mengatakan jangaaan putri…3x!? Tapi apalah daya, sang putri pun menenggelamkan diri kedalam lautan lepas yang luass..

Tak lama kemudian sang putri pun berubah menjadi cacing laut/ Nyale yang sangaat banyak dan menyebar di seluruh dataran laut Lombok tengah. Nah, itulah sepintas tentang sejarah Tradisi Bau Nyale yang ada di Lombok tengah, selain itu pada perayaan Bau nyale ini ada beberapa acara yang memang sengaja dirangkaikan untuk memeriahkan acara tersebut, diantaranya adalah pemilihan putri mandalika atau bahasa kerennya Miss Universe Nyale (Hehe..), pemilihan putri mandalika ini tidak kalah serunya dengan pemilihan putri Indonesia, yaa 11:12 lah dengan acara ini..Hiks,

Pada tahun 2012 lalu putri mandalika di menangkan oleh seorang pelajar siswi yang masih duduk dibangku SMA asal kota praya Lombok tengah, sedangkan runner-up nya berasal dari Desa Sukarara. Hmmm bangga nih punya runner-up putri mandalika alias putri nyale,,Tapi harus bangga memang, karena kalau kita lihat nih ya contestannya berasal dari seluruh belahan desa yang ada di Lombok tengah. Wihh hebat bener ya,,Nah, kira-kira untuk tahun 2013 ini siapa ya yang bakalan terpilih sebagai Putri Mandalika/ Putri Nyala..??Hmm, Tidak terasa sudah capek nih berkoar-koar,Harapan kita semua Semoga semuanya lancar aja dah dari mulai perayaannya-selesai,,kita yang ada di perantauan hanya bisa berdo’a saja sebagai bentuk partisipasi bersama,,
Sekian dulu ya sohib setiaku, semoga bermanfaat & sampai ketemu di Artikel selanjutnya..Bye,,

Wassalam….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon komentar dengan baik yang dapat membangun blog ini ! Jazakallah. .